Sunday, March 24, 2024

Mengenal Keberadaan Serangan Rayap Lantai dalam Rumah

Rayap merupakan jenis serangga yang hidup secara berkoloni dengan memiliki tatanan kasta yang teratur dalam koloninya. Dalam koloni rayap, terdapat tiga kasta yang masing-masing mempunyai tugas berbeda-beda. Koloni tersebut ditentukan berdasarkan bentuk fisik dari rayap tersebut. Koloni rayap lantai ini terbagi dalam tiga kasta juga. Rayap jantan sering dijadikan sebagai raja, dan rayap betina dijadikan sebagai ratu. Raja dan ratu ini mempunyai fungsi utama yaitu untuk bereproduksi atau memperoleh keturunan. Jenis rayap lantai ini sering dijumpai di dalam rumah, khususnya rumah yang gelap dan lembab, yang kurang mendapat sinar matahari langsung.

Sebenarnya, rayap juga mempunyai peran penting juga dalam mengurai kotoran atau bakteri dalam rantai makanan. Sehingga rayap termasuk dalam dekomposer atau pengurai yang bermanfaat bagi lingkungan khususnya dalam menyuburkan tanah. Salah satunya rayap lantai. Dalam proses menjadi rayap ini diawali dengan bentuknya sebagai laron, hingga sayap laron tersebut lepas dan mulai mencari lingkungan tempat tinggal yang tepat serta berubah koloni menjadi koloni rayap.

 

Inilah ciri-ciri keberadaan rayap lantai dalam rumah anda.

  • Adanya jalan rayap

Alur atau jalan rayap biasanya berbentuk seperti tumpukan tanah yang memanjang. Alur rayap ini berasal dari sumber makanan yang tersedia hingga tempat tinggal rayap tersebut. Biasanya alur rayap ini berada di pojok dinding atau bahwa dinding, bawah kusen dan tempat lainya yang terbuat dari kayu serta yang bersuhu lembab.

  • Adanya sayap laron yang lepas

Sebelum menjadi rayap, terdapat serangga laron yang bisa terbang. Dalam proses menjadi rayap, sayap akan lepas dan berjatuhan. Sehingga jika terdapat sayap laron yang berjatuhan maka akan ada serangan rayap yang mungkin menyerang rumah anda.

  • Benda yang terbuat dari kayu keropos

Jika kayu terserang rayap, maka semua elemen kayu di dalam kayu tersebut akan dimakan oleh rayap. Karena kayu mengandung selulosa yang menjadi sumber makanan untuk rayap. Sehingga kayu yang terserang rayap jenis ini akan berongga dan keropos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *