Thursday, December 8, 2022

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Investasi

Underlying asset adalah komponen paling penting yang wajib dicermati pada suatu instrumen investasi, baik itu berupa investasi derivatif maupun kontrak berjangka.

Banyak orang yang percaya bahwa menabung saja sudah cukup dan posisi keuangan mereka aman untuk masa depan. Faktanya, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, jadi setiap orang perlu terus berinvestasi.

Mengapa Investasi Penting?

Ada berbagai jenis investasi seperti deposito, emas, reksa dana, saham, properti dan obligasi yang bisa digunakan. Sayangnya, kepemilikan investasi ini seringkali dipandang sebelah mata oleh banyak orang.

Apa manfaat investasi yang sebenarnya? Untuk lebih jelasnya simak informasi berikut ini.

1. Hindari kemungkinan inflasi

Inflasi harus selalu terjadi dari waktu ke waktu. Kondisi ini berdampak pada devaluasi mata uang. Berinvestasi juga merupakan salah satu cara untuk menghindari dampak inflasi. Dengan investasi yang baik, Anda dapat mencapai lebih banyak pertumbuhan uang.

2. Tingkatkan penghasilan Anda secara merata

Tentunya salah satu manfaat berinvestasi adalah memberikan penghasilan tambahan. Dengan cara ini penghasilan Anda bisa berasal dari lebih dari satu sumber dan Anda mungkin tidak bergantung pada gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya.

3. Peningkatan nilai uang

Kalau menabung di bank, uangnya masih bisa dipotong karena sistem bunga biasanya hanya cukup untuk membayar biaya administrasi. Ini juga akan memakan waktu lama untuk mengembangkan kondisi keuangan.

Tetapi dengan manfaat berinvestasi, Anda dapat mengelola uang Anda dan meningkatkan nilainya dalam waktu yang lebih singkat. Dengan cara ini, Anda akan memiliki lebih banyak uang dan Anda akan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang.

4. Persiapkan kebutuhan masa depan

Salah satu manfaat berinvestasi adalah membantu mempersiapkan modal untuk kebutuhan masa depan seperti kesehatan, pernikahan, pendidikan anak, dan lain-lain. Dengan berinvestasi, Anda dapat membantu Anda mengatasi meningkatnya biaya kebutuhan tersebut.

5. Mandiri secara finansial

Siapa yang tidak ingin merasakan kebebasan finansial? Kondisi ini diartikan sebagai situasi dimana Anda memiliki sumber keuangan yang mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial adalah dengan berinvestasi.

6. Pensiun sudah siap

Semua karyawan ingin pensiun dengan tenang, bukan? Nah, salah satu manfaat berinvestasi yang bisa dirasakan adalah dapat membantu Anda mempersiapkan diri secara finansial untuk lebih mempersiapkan masa pensiun. Ingat, ketika kita masih muda, tugas kita adalah mempersiapkan masa depan dengan baik.

7. Berlatih tanggung jawab dan belajar membuat keputusan

Manfaat berinvestasi di alam bawah sadar juga melatih seseorang untuk lebih bertanggung jawab dan belajar mengambil keputusan. Dengan berinvestasi, Anda harus bertanggung jawab atas investasi yang Anda lakukan.

Misalnya, bertanggung jawab jika Anda mengalami kerugian dengan membuat rencana cadangan. Keuntungan investasi lainnya akan memungkinkan Anda untuk belajar membuat keputusan keuangan dan melatih kemampuan Anda untuk menganalisis keuntungan dan kerugian berinvestasi.

Hal yang perlu diingat, semakin tinggi tingkat pengembalian investasi, semakin tinggi pula tingkat risiko yang mungkin terjadi. Yang jelas, sebelum benar-benar terjun ke dunia investasi, sebaiknya pahami betul apa saja syarat dan juga risiko yang mungkin terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *