Saturday, January 28, 2023

Mengenal Lebih Dalam Tentang Iklan Online

Menurut sumber informasi periklanan yakni https://iklanwangi.com , Periklanan adalah upaya atau proses untuk membujuk target pasar untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau menggunakan layanan, menyebarkan kesadaran akan sesuatu, dll.

Dalam bisnis atau perusahaan, iklan dapat digunakan untuk berbagai tujuan.

Mulai dari meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan pelanggan potensial ke bisnis Anda, mempromosikan penjualan produk atau layanan baru di pasar, dan membedakan produk dari pesaing.

Sekilas, periklanan mirip dengan pemasaran. Namun harus dipahami bahwa keduanya adalah dua hal yang berbeda.

Apa Itu Pemasaran?

Pemasaran adalah gambaran besar dari keseluruhan operasi atau strategi perusahaan dalam meningkatkan kesadaran akan merek tertentu dan membujuk pelanggan untuk mengambil tindakan.

Periklanan adalah proses menciptakan pesan menarik yang mendukung tujuan pemasaran itu sendiri. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa periklanan merupakan salah satu komponen pemasaran.

Jenis pemasaran

Dalam bisnis, iklan bertujuan untuk menarik pelanggan baru dengan mengidentifikasi target pasar dan menjangkau mereka melalui kampanye iklan yang efektif.

Untuk menjangkau jangkauan yang lebih luas, perusahaan biasanya menerapkan lebih dari satu jenis iklan.

Secara umum, sekarang ada banyak jenis iklan yang tersedia. Berikut beberapa jenis iklan yang perlu Anda pahami.

1. Iklan daring

Iklan online atau yang sering disebut dengan internet advertising adalah jenis iklan yang materinya disampaikan kepada khalayak sasaran melalui internet. Jenis periklanan ini telah menjadi salah satu bentuk periklanan paling populer dan efektif dalam beberapa tahun terakhir. Iklan online ini akan memudahkan kita untuk mengidentifikasi dan membidik target pasar kita sesuai dengan keinginan kita, yang dapat ditentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dll. Demikian juga dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis iklan lainnya. Saat ini beberapa iklan online banyak digunakan yaitu Instagram Ads, Youtube Ads, Facebook Ads dan juga Google Ads.

2. Iklan di media cetak

Iklan jenis ini banyak dijumpai di media cetak seperti majalah, surat kabar, brosur, poster, direktori dan flyer. Meski tidak sepopuler iklan online, iklan media cetak masih digunakan hingga saat ini untuk mempromosikan produk atau jasa. Umumnya, media cetak lokal digunakan oleh pelaku bisnis lokal dalam mempromosikan usahanya sekaligus menjangkau lebih banyak pelanggan.

3. iklan televisi

Sebelum memasuki era digital seperti saat ini, iklan TV merupakan media promosi paling populer untuk memasarkan suatu produk atau jasa. Banyak perusahaan besar menggunakan jenis iklan ini untuk menjangkau pasar di dalamnya. Namun, iklan televisi masih merupakan jenis iklan yang sangat efektif dan banyak digunakan oleh perusahaan besar. Meskipun beberapa dari mereka juga telah beralih ke periklanan online.

4. Iklan luar ruang

Menurut The Balance SMB, iklan luar ruang juga dikenal sebagai iklan yang akan menjangkau pelanggan saat berada di luar rumah. Salah satu bentuk iklan jenis ini adalah berupa papan reklame yang biasa kita temukan di jalanan. Bentuk periklanan ini masih tergolong aktif digunakan sebagai media periklanan.

5. Penempatan produk

Penempatan atau substitusi produk adalah kegiatan promosi terselubung untuk suatu produk atau jasa melalui film, sinetron, web series dan berbagai jenis konten. Dengan kata lain, jenis iklan ini adalah iklan baris. Sedangkan sebagai contoh dalam sebuah adegan film dimana terdapat sebuah produk dalam bentuk fisik. Tapi produknya tidak dijelaskan secara langsung.

C. Fungsi periklanan

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari kegiatan periklanan atau periklanan, antara lain:

1. Sumber informasi

Dengan menggunakan iklan, sebuah merek atau perusahaan dapat membantu orang memilih alternatif produk yang lebih baik atau lebih sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini berarti bahwa iklan dapat memberikan informasi lebih dari yang lain. Baik itu tentang produk, distribusi atau tempat membelinya serta informasi lain yang membawa manfaat bagi masyarakat.

2. Kegiatan ekonomi

Iklan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, karena produsen selalu termotivasi untuk memproduksi dan menjual produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

3. Pembagi biaya

Periklanan dapat membantu menciptakan skala ekonomi untuk produk atau layanan apa pun. Sehingga hal ini dapat menekan biaya produksi dan distribusi per unit produk. Ujung-ujungnya, Anda akan menurunkan harga jual ke publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *